cover
Contact Name
Nurhafid Ishari
Contact Email
hafid.ishari@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaliqtishoduna@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. lumajang,
Jawa timur
INDONESIA
Iqtishoduna: Jurnal Ekonomi Islam
ISSN : 22525661     EISSN : 24430056     DOI : -
Core Subject : Economy,
The focus of the Journal of Syari'ah Economics and Islamic Business all aspects of scientific discussions about Islamic Economics, Syari'ah Banking and Islamic Economic Management ideas covering: 1) research article, 2) conceptual idea, 3) review of the literature, and 4) practical experience.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2014): April (Terbit secara during sejak April, 2015)" : 7 Documents clear
PROSPEK AHLI EKONOMI SYARIAH DI DALAM MENGHADAPI ASEAN ECONOMIC COMMUNITY Abdul Wadud Nafis
IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam Vol 3 No 1 (2014): April (Terbit secara during sejak April, 2015)
Publisher : Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemunculan ilmu Islam ekonomi modern di panggung internasional, dimulai pada tahun 1970-an yang ditandai dengan kehadiran para pakar ekonomi Islam kontemporer, seperti Muhammad Abdul Mannan, M. Nejatullah Shiddiqy, Kursyid Ahmad, An-Naqvi, M. Umer Chapra, dll. Sejalan dengan itu berdiri Islamic Development Bank pada tahun 1975 dan selanjutnya diikuti pendirian lembaga-lembaga perbankan dan keuangan Islam lainnya di berbagai negara. Pada tahun 1976 para pakar ekonomi Islam dunia berkumpul untuk pertama kalinya dalam sejarah pada International Conference on Islamic Economics and Finance, di Jeddah. Di Indonesia, momentum kemunculan ekonomi Islam dimulai tahun 1990an, yang ditandai berdirinya Bank Muamalat Indoenesia tahun 1992, kendatipun benih-benih pemikiran ekonomi dan keuangan Islam telah muncul jauh sebelum masa tersebut. Sepanjang tahun 1990an perkembangan ekonomi syariah di Indonesia relatif lambat. Tetapi pada tahun 2000an terjadi gelombang perkembangan yang sangat pesat ditinjan dari sisi pertumbuhan asset, omzet dan jaringa kantor lembaga perbankan dan keuangan syariah. Pada saat yang bersamaan juga mulai muncul lembaga pendidikan tinggi yang mengajarkan ekonomi Islam, walaupun pada jumlah yang sangat terbatas, antara lain STIE Syariah di Yogyakarta (1997), D3 Manajemen Bank Syariah di IAIN-SU di Medan (1997), STEI SEBI (1999) , STIE Tazkia (2000), dan PSTTI UI yang membuka konsentrasi Ekonomi dan Keuangan Islam, pada tahun 2001. Para pemimpin ASEAN sepakat melakukan kerja sama dibidang ekonomi, yang disebut ASEAN Economic Community. Yang dimaksud ASEAN Economic Community adalah Kesepakatan bersama untuk mengintegrasikan berbagai negara Asean (Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunai Darussalam, Kamboja, Vietnam, Laos dan Myanmar) yang masing-masing memiliki latar-belakang sosial-budaya, ideologi politik, ekonomi dan kepentingan berbeda ke dalam suatu komunitas yang disebut Masyarakat Ekonomi ASEAN. Sebagai pasar tunggal kawasan terpadu Asean dengan luas sekitar 4,47 juta km persegi yang didiami oleh lebih dari 600 juta jiwa dari 10 negara anggota ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan memacu daya saing ekonomi kawasan ASEAN yang diindikasikan melalui terjadinya arus bebas (free flow) : barang, jasa, investasi, tenaga kerja, dan modal. ASEAN Economic Community merupakan tantangan bagi ekonomi Islam dan diwaktu yang sama juga memeberi peluang besar bagi masa depan ekonomi Islam, karena Lembaga keuangan Syariah dan bisnis Syariah akan berkembang di seluruh negara-negara ASEAN.
SPRITUAL ENTREPRENEUR Aminatuz Zahroh
IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam Vol 3 No 1 (2014): April (Terbit secara during sejak April, 2015)
Publisher : Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Konsep bisnis berbasis spiritual harus segera diterapkan dalam bisnis. Gede prama, seorang pakar manajemen, pernah mengatakan, ”kalau perusahaan ingin sustainable (bertahan) dan berumur panjang, dia harus menganut nilai-nilai spiritual. Dengan begitu, integritasnya akan teruji dan dipercaya oleh mitra bisnisnya”. Bisnis dengan tetap menjaga nilai-nilai etika, bukan sesuatu yang tidak mungkin. Sebab, berdasarkan fakta, banyak perusahaan-perusahaan yang hancur karena tidak menjaga etika dalam berbisnis. Salah satunya adalah perusahaan energi ENRON yang didirikan di AS tahun 1985. perusahaan tersebut bangkrut karena skandal keuangan. Akibatnya, nilai sahamnya jatuh dari $95 menjadi 45 sen. Bahkan, 20 ribu orang karyawannya kehilangan dana simpanan pensiun. Sebagian pengamat menyatakan bahwa hal ini bahkan dianggap telah membawa implikasi politik dan ekonomi yang lebih luas ketimbang tragedi WTC. Sebagai konsekuensi pentingnya kegiatan wirausaha, Islam menekankan pentingnya pembangunan dan penegakkan budaya kewirausahaan dalam kehidupan setiap muslim. Budaya kewirausahaan muslim itu bersifat manusiawi dan religius, berbeda dengan budaya profesi lainnya yang tidak menjadikan pertimbangan agama sebagai landasan kerjanya.
KONSEPSI AL-QURAN DAN AL-HADITS TENTANG OPERASIONAL BANK SYARIAH Muhammad Ardy Zaini
IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam Vol 3 No 1 (2014): April (Terbit secara during sejak April, 2015)
Publisher : Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Islam hadir dengan beberapa tujuan, diantaranya adalah terciptanya khoirul ummah dan rahmatan lil’alamin dengan al-Qur’an dan al-Hadits sebagai penuntun umat Islam demi tercapainya tujuan tersebut. Sebagai pedoman hidup, al-Qur’an dan al-Hadits memberikan berbagai petunjuk tentang keteraturan dan permasalahan hidup, termasuk didalamnya mengenai perbankan yang telah memenuhi hampir separuh sisi-sisi kehidupan manusia. Untuk memaksimal ajaran syariah secara kaffah, maka nilai-nilai yang terdapat dalam al-Quran harus mampu diturunkan pada tataran praktis. Salah satu usaha dan langkah dalam rangka menemukan formula perbankan masa depan, al-Quran dan Hadits memiliki konsepsi dalam kegiatan operasional Bank Syariah. Hal ini dilakukan untuk membentuk sikap mental atau watak yang terjabarkan dalam pola berpikir, cara berbicara, dan etika bertingkah laku, sebagai ekspresi jiwa dari manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah Swt. Agar umat Islam mampu menjadi umat yang unggul (khayr ummah).
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN OUTSOURCING PADA PT. BRI (Persero), tbk. CABANG LUMAJANG Fauzan Muttaqien
IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam Vol 3 No 1 (2014): April (Terbit secara during sejak April, 2015)
Publisher : Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

" Influence of Leadership and Compensation Employee Satisfaction Against Outsourcing at. BRI (Persero),Tbk. Branch Lumajang conducted by survey (eskplanatory analytical , with a sample of 42 employees of outsourcing and using correlation and regression analysis). Operationally purpose of this study is to investigate and test empirically (1) Effect of simultaneous compensation of leadership and employee job satisfaction outsourcing, (2) Effect of partial compensation of leadership and employee job satisfaction outsourcing, (3) Which of the dominant independent variable influence on employee job satisfaction outsourcing. Results show the following: 1 ) The first hypothesis is that the testing simulatan influence of leadership on job satisfaction and compensation amounting to 20.305 and Fcount known Ftable 3,232 , because of Fcount > F table the first hypothesis can be accepted . 2 ) For the second hypothesis about the partial effect of leadership on job satisfaction and compensation known result that tcount Leadership and Compensation for 2042 amounted to 4,630 compared with the known ttable 2,021 so tcount > ttable thus the second hypothesis can be accepted. 3 ) As shown by the standardized coefficient B, variable compensation = 0.571 greater than 0.252 leadership variables. Thus it is said that the variable compensation has a dominant influence on job satisfaction.
MEKANISME DAN PERKEMBANGAN REKSADANA SYARIAH Muhammad Farid
IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam Vol 3 No 1 (2014): April (Terbit secara during sejak April, 2015)
Publisher : Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Investasi merupakan salah satu bentuk pemanfaatan dana yang dapat menghasilkan keuntungan bagi pemilik dana. Investasi memiliki berbagai macam bentuk, misalnya deposito, saham, obligasi, maupun reksa dana. Salah satu bentuk investasi syari’ah adalah reksa dana syari’ah. Saat ini, reksa dana syari’ah merupakan investasi yang menarik bagi masyarakat yang ingin berinvestasi sesuai dengan syari’ah. Reksa dana syari’ah merupakan alternatif investasi yang hanya menempatkan dana pada debitor yang tidak melanggar batasan syari’ah, dalam fundamental maupun operasional perusahaan, sesuai fatwa Majelis Ulama Indonesia. Reksa dana syariah merupakan sarana investasi yang menggabungkan saham dan obligasi syari’ah dalam satu produk yang dikelola oleh manajer investasi. Manajer investasi menawarkan reksa dana syari’ah kepada para investor yang berminat, sementara dana yang diperoleh dari investor tersebut dikelola oleh manajer investasi untuk ditanamkan dalam saham atau obligasi syari’ah yang dinilai menguntungkan. Kegiatan investasi yang bernafaskan islam khususnya reksadana syari’ah akan menarik, terutama karena memberi keyakinan bahwa kegiatan investasi juga merupakan sebentuk kegiatan muamalah (keperdataan) dalam Islam. Reksa Dana Syari’ah ini dapat dijadikan salah satu alternatif masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim untuk ikut serta dalam kegiatan pasar modal dengan cara yang halal, sesuai syari’at agama. Mengingat hal tersebut, Indonesia jelas merupakan pasar potensial untuk tumbuhnya investasi yang bersifat syariah. Adapun rumusan masalah yang penulis angkat meliputi : Pengertian, sejarah, prinsip transaksi, jenis, produk dan bagaimana mekanisme operasional legalitas hukum dan perkembangan reksadana syariah. Adapun tujuannya yaitu: Untuk mengetahui pengertian, sejarah, prinsip - prinsip transaksi, jenis – jenis, produk serta untuk mengetahui mekanisme operasional legalitas hukum dan perkembangan reksadana syariah.
Pengaruh Rasio Likuiditas Terhadap Retabilitas Ekonomi pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kusuma Artha Lestari Kraksaan Probolinggo Hasaniyah Hasaniyah; Umi Suswati Risnaeni
IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam Vol 3 No 1 (2014): April (Terbit secara during sejak April, 2015)
Publisher : Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Koperasi memerlukan pencatatan dan pembukuan tentang transaksi atau kejadian yang berhubungan dengan kegiatan koperasi sebagai bahan pertanggungjawaban terhadap para anggota, kreditur, bank dan pihak lain. Analisis rasio keuangan adalah alat untuk mengukur prestasi serta derajat keuntungan koperasi dengan menghubungkan antar pos-pos dalam neraca atau laporan laba rugi atau kombinasi keduanya. Koperasi sebagai badan usaha meskipun tidak berorientasi mencari keuntungan semata akan tetapi usaha-usaha yang dikelola harus tetap memperoleh penghasilan yang layak dalam menjaga kelangsungan hidup dan meningkatkan kemampuan usaha. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apakah rasio likuiditas berpengaruh terhadap rentabilitas ekonomi secara signifikan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rasio likuiditas terhadap rentabilitas ekonomi pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kusuma Artha Lestari Kraksaan Probolinggo. Sampel dalam penelitian ini adalah laporan keuangan mulai tahun 2005-2010. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang bersifat negatif dari rasio likuiditas terhadap rentabilitas ekonomi pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kusuma Artha Lestari Kraksaan Probolinggo. Adapun hasil pembahasan penelitian ini adalah: Y=0,188-0,026 X. Yang artinya apabila rasio likuiditas naik sebanyak satu satuan maka rasio rentabilitas ekonomi akan berkurang sebanyak 0,026%. Hal ini disebabkan karena selama ini KSP Kusuma Artha Lestari memiliki over likuiditas, sehingga rentabilitasnya atau kemampuan menghasilkan labanya menurun. r= -0,80869, yang artinya ada hubungan negatif yang kuat antara rasio likuditas terhadap rentabilitas pada KSP Kusuma Artha Lestari. R=65,39% artinya rasio rentabilitas ekonomi KSP Kusuma Artha Lestari 2005-2010 dipengaruhi oleh rasio likuiditasnya, sisanya sebesar 34,61% dipengaruhi faktor lain. Dari uji tabel t, dikarenakan dari perhitungan t hitung maka diketahui: -t hitung = -0,02 < -t tabel = -2,132. Hal ini membuktikan H0 ditolak dan Hi diterima yaitu terdapat pengaruh signifikan antara rasio likuiditas terhadap rentabilitas ekonomi pada KSP Kusuma Artha Lestari 2005-2010. Adapun saran yang diberikan penulis untuk KSP Kusuma Artha Lestari adalah hendaknya pengurus koperasi mengurangi rasio likuiditas hingga ke posisi ideal yakni 200% hingga 275%, agar proses pencatatan dan pembuatan laporan keuangan mengacu pada Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No 27.
MANAJEMEN PENGELOLAAN BAITUL MALL; DOKTRIN, SEJARAH DAN IMPLEMENTASINYA DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN PEREKONOMIAN RAKYAT Indra Hidayatullah
IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam Vol 3 No 1 (2014): April (Terbit secara during sejak April, 2015)
Publisher : Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Baitul malll merupakan bidang sosial, yang bergerak dalam penggalangan dana zakat, infak, sedekah dan dana-dana sosial lain untuk kepentingan sosial secara terpola dan ber-kesinambungan. Sesuatu yang revolusioner yang dilakukan oleh Rosulullah SAW adalah pembentukan lembaga penyimpanan yang disebut Baitul Mall. Apa yang dilaksanakan Rasul itu merupakan proses penerimaan pendapatan (revenue collection) dan pembelanjaan (expenditure) yang transparan. Sedangkan baitul tamwil, merupakan bidang bisnis yang menjadi penyangga operasional BMT. Bidang tamwil ini bergerak dalam penggalangan dana masyarakat dalam bentuk ; simpanan (tabungan dan deposito) serta menyalurkan dalam bentuk pembiayaan usaha mikro dengan sistem ; jual beli, bagi hasil maupun jasa. baitul mall merupakan lembaga ekonomi yang berorientasi social keagamaan yang kegiatan utamanya menampung harta masyarakat dari berbagai sumber termasuk zakat, dan menyalurkannya untuk tujuan mewujudkan kemaslahatan umat dan bangsa dalam arti seluas-luasnya. Praktik pada zaman sekarang berupa baitul mall wattamwil, juga berjuang membantu perekonomian rakyat menengah kebawah. Dengan praktek pinjaman yang sama-sama berorientasi mendapatkan keuntungan dan kerugian bersama. Masyarakat bisa lebih mempraktekkan perekonomianya yang sesuai dengan praktiknya pada zaman nabi dulu yakni berekonomi yang sesuai dengan syariat Islam. Berekonomi yang seimbang antara dunia dan akhirat.

Page 1 of 1 | Total Record : 7